Karya Tulis Ilmiah
KTI Anak : LITERATURE REVIEW: PEMBERIAN TEKNIK DISTRAKSI AUDIOVISUAL UNTUK MENURUNKAN NYERI PEMASANGAN INFUS PADA ANAK DI RUMAH SAKIT
XMLPemasangan infus merupakan prosedur yang selalu berhubungan dengan tindakan invasif yang menggunakan benda tajan kedalam tubuh yang dapat menimbulkan kondisi nyeri bagi anak, hal ini anak menyebabkan anak mengalami trauma dikemudian hari. Banyak penilitian lain yang menyatakan bahwa teknik distraksi efektif digunakan untuk mengurangi nyeri serta kecemasan pada anak, kebanyakan penilitian di atas dilakukan pada anak usia pra sekolah serta pada tindakan seperti pemasangan infus. Peran dan tanggung jawab tenaga kesehatan terutama perawat adalah melakukan teknik pengurangan nyeri pada pasien. Teknik pengurangan nyeri mencangkup dua hal, secara farmakologi dan non farmakologi. Cara non farmakologi merupakan tindakan mandiri perawat untuk menghilangkan nyeri dengan menggunakan manajemen nyeri seperti teknik distraksi. Dalam penulisan ini menggunakan literature review dengan kriteria inklusi sesuai dengan format PICOS. Metode dalam pencarian sumber atau artikel melalui database ProQuest, Scient Direct, PubMed dan Google Cendikia (2011-2021) yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata kunci yang digunakan terkait dengan pemberian teknik distraksi audiovisual untuk menurunkan nyeri pemasangan infus pada anak dirumah sakit. Berdasarkan literature review dari 7 jurnal penelitian didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan terapi audiovisual sebagai intervensi nonfarmakologis yaitu efektif dalam menurunkan nyeri pemasangan infus pada anak di rumah sakit.
Detail Information
Item Type |
KTI
|
---|---|
Penulis |
Sakinah, Fitrah Amalia - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing |
Sudarmi - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Akademi Keperawatan Fatmawati : Jakarta., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
KTI18037 SAK P 2021
|
Copyright | |
Doi |